Marhaen, Jakarta_Mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Cakrawala gelar latihan teater secara rutin di kampus UBK JL. Kimia No.20, Jakarta Pusat.

Menurut ketua UKM Teater Cakrawala UBK, Triono Umar, tujuan latihan rutin tersebut untuk pengembangan  anggota teater agar paham tentang keaktoran dan menjadi  aktor yang baik.

“Agar mereka memahami tentang teknik pemeranan, proses latihan secara aktif dan intens ini akan menjadi modal utama untuk menjadi aktor yang baik," kata Tri.  Kamis,05/11/2013 di Aula Dr.Ir. Soekarno.

Menurutnya, teater sangat penting bagi mahasiswa dan masyarakat , jika orentasi keruang panggung  pemain harus mampu mempengaruhi penonton agar terkesimak ataupun terhipniotis dengan suasana pertunjukan.

“Tapi jika proses latihan cuman sekedar latihan dan tidak serius akan sulit untuk menggapai itu,” ungkap Tri.

Selain itu, ia menjelaskan yang menjadi hambatan dalam pertunjukan mereka setelah proses latihan adalah persoalan anggaran.

“Hal ini bisa  membuat  pertunjukan tidak ideal, karena dalam pertunjukan, dana bisa meruba suasana, property dan steep tidak menjadi artistik, dan ini menjadi sebuah kendala kami,” jelasnya.

Sementara  itu, menurut  salah satu anggota Teater Cakrawala  Ahmad Fauzi, bahwa latihan rutin tersebut sangat efektif meskipun beberapa anggota sering telat dan berhalangan hadir.

“Latihan ini sangat seru karena ada kekompakan antara anggota baru dan anggota lama, selain itu ada komitmen yang terbangun,” kataOji.

Ia berharap latihan tetater secara rutin tersebut bisa berjalan dengan lancar
dan tetater cakrawala lebih dikenal diluar dan didalam kampus. Latihan rutin tersebut digelar setiap hari selasa, kamis dan sabtu. (NSR)