Eko Santoso



 Marhaen- Jakarta, Yang namanya UBK lahir buat kaum menengah kebawah, maksudnya supaya bisa mengenyam perguruan tinggi atau merasakan kuliah. Logisnya paling banter kelas menengah.

Iming-iming ijasah S1, buat optimalin kapasitas diri. Artinya ijasah sebatas formalitas. Mengenal, melalui, memahami proses sesama kuliah, tentunya gak Cuma di ruang kuliah dan kantin. Juga ikut aktif dalam organisasi mahasiswa.
 

Misal nih di lembaga pers mahasiswa, kita dapet pengalaman tentunya juga jaringan organisasi. Di sini, kita punya peluang penting untuk mempelajari suatu profesi tertentu yaitu dunia jurnalistik  khususnya dan dunia tulis menulis pada umumnya.
 

Apapun latar belakang pendidikan, setelah lulus, pastinya orang punya nilai tambah bahkan referensi profesi untuk digeluti lebih lanjut.
 

Tapi nih ..., ada juga yang ijasah sekedar hanya sekedar buat naikin status keluarga. Misalnya, dari kakek kita sampe bapak kita, Cuma tamatan SMP, itu juga Tsanawiyah. Nah bangga banget kan kalo di ruang tamu ada foto kita pake toga. Udah gitu selama kuliah, ukuran hebat kalo bisa punya gank (gerombolan) yang abis selesai kelas tempat nongkrongnya di mall, kafe or nonton drama korea  ; aeee mati!hahah
 

Gitu dapet gelar, pengalaman organisasi ga punya, jaringan juga tidak punya, yang ada Cuma temen sekelas sama Mbak Tri dan teteh dosen kita di kantin ; selamet yeee hehe....... ngirim lamaran sampe berpuluh-puluh sambil nyuci piring dirumah  dan tentunya nunggu dilamar. Moga-moga dapet sarjana juga hahaha.
 

Eitssss.. beda dulu beda sekarang. (semoga...). ibaratnya nih kita Cuma anak udik, miskin, gak bisa ikutan nyalon kaya julia peres, tapi kalo orang bilang kita bego... kita FIGHT!!
 

Takut, gak Pede? Yakin aja gila!
 

Tuhan nyiptain kita  sebagai “ciptaan yang sempurna” dengan segala kemuliaanNya. Nah kalo kita gak menghargai diri sendiri, artinya kita udah dalam   posisi berhadap-hadapan dengan Tuhan (menghina hasil kerjaNya die hehehe)
 

Apalagi kita sebagai kaum menengah ke bawah (biar miskin asal sombong hehe..) hidup didalam realitas masyarakat. Dibanding anak meneri yang dari SD ampe kuliah di luar negeri atau ikutan “home Scholling”, kita lebih ngerti aslinya persoalan bangsa ini.
 

Coba tanya deh ama mereka berapa harga gula sekilo atau ngerti kagak kalo UMR itu gak cukup buat beli beras dan bayar kuliah. Nah mudah-mudahan kita gak merasa rendah diri dan malah ikut-ikutan gak peduli dengan sekitar (amit-amit kalo ampe gak jujur dengan diri sendiri ). Dengan alasan sibuk kuliah sampe gak bisa ngebedain mana jahe mana lengkuas, mana kangkung dan mana bayem.
 

Untungnya karena sekali-sekali mau menengok ke dapur, kita sempet denger emak kita teriak harga sembako naik, dan tempe & tahu mengilang dari pasaran karena harga kedelai naik. Terus waktu nongkrong dikampus (gak di mall) kita denger ada cerita kalo dosen udah 3 bulan ga dibayar gajinya dan berdampak ke mahasiswa gara-gara dosenya ga mau ngajar sebetulnya sudah ketemu rumusnya. (Einstein dengan E=MC2 ; buat anak sosial Energi = Massa x semangat ketertindasan; jadi deh tuh kekuatan karena punya musuh bersama hehehe)
 

Asik kan,  kalo bisa melihat ilmu itu gak berjarak dengan kehidupan kita. Artinya, gak seperti waktu belajar statistik dikelas, ampe bengong-bengong dongo ngeliatin dosen ngejelasin, tanpa kita tahu gimana hubungan itu ilmu dengan kita, apa gunanya tuh ilmu buat kehidupan pribadi kita. Akirnya keluar deh kalimat sakti “ Diatas statistik ada dusta” hehehe. Tanpa kita tau arti itu kalimat, ya Cuma apologi kita karena di KHS hasilnya D doang.
 

Yang menarik, kalo semua dosen kita menguasai banget spesifikasi mata kuliah (maksudnya gak Rp.....X 4 (empat) matakuliah x berapa fakultas x berapa universitas hehehe) dan banyak pengalaman organisasi (hidup). Jadi ngajarnya kaga keburu-buru, tepat waktu, pendalaman  materinya juga dengan analisis yang wahid, dengan penyampaian materi dengan bahasa yang kita cerna dan ceritanya juga gonta-ganti ga itu-itu aja. Kebayang gak sih, cemerlangnya generasi pemikir yang akan lahir...
 

Kembali ke pokok pembahasan hahayy, dari semuanya yang terpenting di mulai dari diri kita sendiri. Artinya ga harus selalu nyalahin kondisi atau malah kita memisahkan diri dari situasi lingkungan atau gak nerima kenyataan di lingkungan kita (hati-kati, udah banyak yang mulanya males mandi, terus males ganti baju, ampe ga mau pake baju lagi hahaha)
Santai aja broo... sambil nikmatin hidup yang Cuma sekali ini. Tergesa-gesa apa yang mau kita kejar, tetapi berlambat-lambat apa juga yang akan kita tunggu. Tetap berdiri di atas kenyataan, berani bermimpi dan gak takut gagal. Gunakan logika kita untuk berpikir bagaimana cara dan kerja-kerja untuk bisa mendekatkan mimpi kita dengan kenyataan, sampe akhirnya kenyataan mempertemukan mimpi kita menjadi realitas (anjrittt!! Indah banget hehe). Kalo ada kemauan pasti ada jalan, kalo kita gak pernah menghayati rasa pahit, mana kita ngerti rasa manis. Tes deh, coba lari sekilo gak berhenti, abis itu minum segelas air putih. Gimana rasanya? Selamat mencoba (bukan larii dan segelas air putihnya keles hahaha)