Penulis:Marselinus kalis,mahasiswa FISIP UBK


Marhaen-Jakarta, Pesawat nahas Air  Asia QZ 8501 tujuan Surbaya- Singapura, pada 28 Desember 2014 lalu, menimbulkan prasangka misterius dikalangan publik, diantarnya  karena kekurangan bahan bakar, bahkan ada yang mengatakan akibat cuaca buruk pada saat penerbangan  berlangsung, serta akibat awan Cumulonimbus dan jaringan pemantau cuaca.

Namun untuk sementara, hal tersebut belum bisa dipastikan benar. Sebab sampai dengan saat ini belum ada kabar pasti terkait penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Menurut saya apabila tim SAR,TNI AL,MABES POLRI Jawa timur dan tim pencarian lainnya, menemukan black boks, publik akan bisa mengetahui secara real penyebab jatuhnya pesawat yang melenyapkan 155 penumpang, diantaranya warga negara asing, seperti 1 orang  warga Inggris, 1 Singapura, 1 Malaysia dan 3 warga negara Korea. Sebeb di dalam black boks itu ada alat untuk merekam jalannya pesawat dan sebagainya.

Oleh karena itu mari kita telusuri baik-baik sebenarnya seperti apa? Ada apa? kenapa? dan bagaimana penyebab yang fakta akibat jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501?