Oleh: Fey - Mahasiswa UBK


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). Untuk lebih memudahkan membedakan keduanya. Sarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang bergerak seperti komputer dan mesin-mesin, sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang tidak bergerak seperti gedung.

Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan mahasiswa/i dalam proses pembelajaran yaitu sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana pendidikan adalah salah satu sumber daya yang menjadi tolak ukur mutu kampus dan perlu peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup canggih.

Sarana prasarana adalah salah satu bagian input, sedangkan input merupakan salah satu subsistem. Sarana prasarana sangat perlu dilaksanakan untuk menunjang keterampilan mahasiswa agar siap bersaing terhadap pesatnya tekhnologi. semua itu merupakan bagian penting yang perlu disiapkan secara cermat dan berkesinambungan, sehingga dapat menjamin kegiatan belajar mengajar yang lancar serta efektif dan efisien.

Jika kita menengok kampus-kampus tetangga sarana prasarana adalah faktor terpenting yang selalu di utamakan oleh pihak kampus. Tapi masih ada beberapa kampus yang sarana dan prasarananya sangat memprihatinkan, beberapa fasilitas yang belum dibangun dan kurangnya perawatan terhadap fasilitas kampus yang semestinya menjadi tanggung jawab bersama.

Dengan terpenuhinya sarana dan prasarana kegiatan perkuliahan,  maka dimungkinkan seorang mahasiswa akan lebih termotivasi dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dan secara langsung akan memberikan jaminan baik pada lulusan –lulusannya, sehingga menghasilkan alumni yang mampu bersaing dengan lulusan kampus ternama serta meningkatkan rasa kepercayaan diri.