M Novi Verdiansyah



Marhaen , Jakarta – Untuk menambah pengetahuan seputar Fotografi , Lembaga Pers Mahasiswa , Universitas Bung Karno (LPM Marhaen ) menggelar  pelatihan dasar  fotografi pada Kamis (28/05/2015) Bertempat di Sekertariat LPM Marhaen  , Kimia 20 , Jakarta Pusat .

Pelatihan yang  diikuti tujuh orang  baik dari anggota dan pengurus LPM Marhaen dengan pemateri Feisal Bastiyan salah satu anggota LPM yang ahli di bidang Fotografi .

Pertama pemateri menjelaskan sejarah perkembangan kamera dari masa ke masa , seperti perkembangan kamera handphone , kamera Digital(Pocket) ,Pro summer , Kamera SLR , DSLR hingga kamera Mirroles .

Setelah selesai  membahas  sejarah perkembangan kamera dari masa ke masa , Pada pelatihan ini difokuskan untuk mengenalkan fungsi dari tombol-tombol yang terdapat pada Kamera DSLR , yang menjadi alat bagi kebanyakan Jurnalis untuk mengabadikan Gambar sebuah peristiwa .

Menurut pemateri seorang fotografer ketika  bisa memainkan pengaturan manual pada kamera DSLR , maka bisa dikatakan seorang fotografer pemula sudah bisa menguasai sebuah kamera , karena settingan manual adalah settingan yang benar-benar membutuhkan keahlian dalam bidang fotografi .

“Ketika kalian  telah menguasai  Settingan manual di DSLR , maka kalian bisa dikatakan sudah menguasai sebuah kamera” ujar Feisal .


Pelatihan ini bertujuan untuk menambah skill kepada seluruh pengurus dan anggota LPM Marhaen dan meningkatkan kualitas dari LPM Marhaen sendiri