M Novi Verdiansyah


Marhaen ,Jakarta- Menyambut Hari Tani Nasional (HTN) ke 55 Tahun yang jatuh pada tanggal 24 September , massa yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) menggelar Aksi Demonstrasi massa di depan Istana Negara , senin (28/09), FPR menutut Jokowi-JK untuk mewujudkan reforma agraria (Land Reform) .

Menurut Rudi Koordinator Umum FPR , Aksi Hari Tani  ini adalah momentum untuk petani di indonesia mewujudkan reforma agraria sejati, sebagai  modal utama untuk memberi kemajuan bagi seluruh rakyat khususnya kaum tani  , 24 september adalah hari bersejarah bagi kaum tani di indonesia atas perampasan tanah oleh tuan tanah besar yang terjadi pada masa kolonial  sampai terjadinya revolusi agustus 1945 .

“24 september adalah puncak keberhasilan Kaum Tani terutama memenangakan perjuangan atas memenangkan perjuangan monopoli dan perampasan tanah oleh tuan tanah besar” tuturnya

Rudi juga meminta pemerintah harus memenuhi tuntutan-tuntutan  rakyat , pemerintahan Jokowi -Jk adalah pemimpin rakyat tentu Pemerintah  harus mendengarkan aspirasi rakyat bukan pemilik modal yang hanya segelintir orang .

“Pemerintah harus memenuhi tuntutan rakyat dan pemerintah harus mendengar aspirasi rakyat bukan pemili modal yang hanya segelintir orang “ tegasnya

Berikut Tuntutan FPR kepada Pemerintahan Jokowi-JK

  1. Turunkan harga biaya produksi pertanian dan lindungi harga – harga hasil produksi petani
  2. Hentikan kekerasan terhadap kaum tani
  3. Meminta negara melakukan tanggap darurat tangani korban asap dengan memberikan kompensasi bagi korban dan mendeklarasikan bencana asap sebagai bencana nasional , serta mencabut izin perkebunan lama dan tidak memberikan izin perkebunan baru serta tangkap dan dan adili pemilik perkebunan.
  4. Berikan subsidi langsung kepada kaum tani yang gagal panen akibat kekeringan.
  5. Tolak pembangunan mega proyek insfraktruktur melalui skema pembiayaan investasi asing dan hutang luar negeri.
  6. Turunkaan harga kebutuhan pokok rakyat ,
  7. tolak Perpres No 61 tahun 2015 yang menghisap kaum tani
  8. Naikan upah buruh dan buruh tani serta hentikan PHK, sediakan lapangan pekerjaan layak.
  9. Laksanakan reforma agraria sejati dan bangun industrialisasi nasional.
  10. Tingkatkan akses pendidikan bagi anak-anak kaum tani