Rizky A, Elvin A



Marhaen-Jakarta, Perpustakaan merupakan tempat untuk mengakses informasi dalam format apapun yang tersimpan rapih dan bisa digunakan oleh masyarakat umum. perpustakaan diisi oleh ribuan buku yang terjajar rapi di rak khusus dan terkadang kita butuh bantuan seorang pustakawan ataupun staff perpustakaan untuk mencari buku yang kita inginkan. namun seperti harta karun yang terlupakan.

Universitas Bung Karno (UBK) merupakan salah satu perguruan tinggi yang mempunyai fasilitas perpustakaan di dalamnya, namun sangat disayangkan perpustakaan yang dahulunya berada di kampus pegangsaan ini kurang di lirik oleh para mahasiswa/mahasiswi, dengan alasan buku kurang lengkap merekapun enggan ke perpustakaan yang kini letaknya di lantai 3 Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM)
Perpustakaan yang saat ini memiliki koleksi sekitar 1.379 judul buku termasuk buku-baku edisi terbaru yang terdiri dari buku akademis mencangkup seluruh jurusan dan karya sastra, buku-buku tersebut bisa dipinjam dengan syarat menjadi anggota perpustakaan, dengan mengisi formulir dan memberikan pas foto ukuran 3x4 dan di berikan kepada staff perpustakaan.
                            
"tujuan pokok perpustakaan ini adalah untuk mendukung keberhasilan mahasiswa dalam studi agar mencapai gelai sarjana yang cakap, berpengetahuan luas dan berkepribadian yang luas berdasarkan pancasila" ujar Drs. Ade Kohar, M.Si selaku ketua UPT Perpustakaan UBK, saat ditemui LPM Marhaen (21/01)

Beliau menambahkan tips untuk menambah minat baca bagi mahasiswa/i "senangi mata kuliah dalam pelajaran sehari-hari, kalo sudah senang pasti ingin mencari tahu lebih dan kalau ada pekerjaan dalam perkuliahan langsung datang ke perpustakaan
Minat baca tentunya harus ada sejak dini karena buku merupakan jendela dunia yang pastinya sangat perperan penting dalam kehidupan sehari-hari, akan lebih baik jika setelah membaca buku dapat didiskusikan bersama dosen ataupun teman karena  bisa mengulang apa yang telah di baca dan dipahami. teruslah membaca buku dan jadikan buku sebagai senjata ampuh untuk menjadi macan dalam kehidupan yang mempunyai etika.