M Novi Verdiansyah


Marhaen, Jakarta- Menyambut hari lahirnya Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni  Universitas Bung Karno (UBK) menggelar peringatan hari lahirnya Pancasila, di Signature Restaurant, Hotel Kempinski Jakarta, Rabu, (1/06).

Dalam sambutanya Ketua Dewan Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) Rachmawati Soekarnoputri mengatakan jika Presiden Indonesia  pertama, Soekarno pernah berpidato di hadapan Majelis PBB tahun 1950.

Pancasila merupakan pedoman untuk menciptakan pembangunan dunia yang adil dan beradab. Dia mengatakan, selaku penggali, Soekarno dengan sungguh-sungguh menunjukkan Pancasila merupakan ideologi terakhir setelah lahirnya ideologi-ideologi sebelumnya seperti Komunisme dan Kapitalisme. Pancasila itu ada di atas ideologi sebelumnya yang sudah lahir," ujar Rachmawati

Rachmawati juga menambahkan, antara Pancasila dan UUD 1945 adalah sebuah satu kesatuan yang harus diimplementasikan secara beriringan.

"Pancasila dan UUD 1945 adalah dua hal yang sejatinya satu paket," ucap Rachmawati.


Peringatan hari lahirnya Pancasila juga dibarengi peluncuran buku Hj. Rachmawati Soekarno Putri berjudul “Revolusi Belum Selesai” serta peresmian Institut Kepemimpinan Soekarno.