Melti Irma - MarhaenPress



Marhaen, Jakarta - Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat yang ingin berekreasi. Wilayah yang berada di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat ini seolah tidak pernah sepi  pengunjung dan para pedagang kaki lima yang menawarkan daganganya kepada pengunjung yang ikut meramaikan Kota Tua pada Jum'at (09/12/16).

Menurut Ibu Ancol salah satu seorang pedagang kaki lima di pelataran samping Taman Fatahillah, penyebab banyaknya yang berjualan di kawasan ini dikarenakan tuntutan keluarga.
"Saya berjualan mie pecel ini sudah dari 10 tahun yang lalu. Tadinya saya berjualan di dalam stasiun tapi karena dilarang, saya jadi pindah kesini." kata Ibu Ancol (9/12/2016).

Sedangkan penertiban yang dilakukan di kawasan Kota Tua ini tidak jarang menyebabkan para PKL kehilangan daganganya dikarenakan dagangan yang mereka jual dibawa oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja atau disingkat Satpol PP.

Selain pedagang kaki lima, penertiban parkir liar diberlakukan juga oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disekitar kawasan ini.