Amelia Ridwani - MarhaenPress



Marhaen, Jakarta – Wacana Moratorium Ujian Nasional (UN) menyebabkan pro kontra di dunia pendidikan pada pantauan kepada  siswa yang sedang menikmati jalan – jalan di Kota Tua, Jakarta Barat (09/12/16).

Setiap tahunnya Indonesia melaksanakan Ujian Nasional yang menjadi penentu kelulusan siswa  tingkat akhir dan juga penentu siswa ke jenjang selanjutnya.

Selama ini menurut siswa UN merupakan momok penentu lulus dan tidaknya, bahkan orang tua ikut khawatir pada saat menjelang UN anaknya diantaranya dengan mengikutkan anaknya untuk Les di luar sekolah agar siap mengikuti UN.

Disisi lain, menurut Fitria Maulida dari SMP Negeri 200 Jakarta  salah satu pengunjung di Kota Tua (09/12) dia tidak setuju jika UN dihapus sebab apabila UN dihapus siswa akan melaksanan Ujian semua mata pelajaran. Sedangkan menurutnya jika UN tidak dihapus siswa hanya cukup Ujian Nasional  4 (Empat) mata pelajaran saja.

Saat ini keputusan Moratorium UN 2017  belum mencapai titik final karena masih menunggu Rapat Terbatas yang menentukan UN dihapus atau tidak, serta memutuskan langkah – langkah pengembangan dunia pendidikan di Indonesia.