Meyzka Da Reisa


Marhaen, Jakarta -- Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI) bekerja sama dengan  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Budaya Universitas Bung Karno mengadakan pertukaran budaya antara mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa Korea Selatan yang bertema “Indonesia - Korea Students Partnership Meeting”. Jum’at (14/07/17) di Aula Dr. Ir Soekarno, Jl. Kimia No.20 Menteng, Jakarta Pusat.

Acara yang diadakan untuk mengenalkan budaya dari kedua negara ini bertujuan untuk mempresentasiikan kebudayaan masing-masing khususnya dunia kampus/mahasiswa, membangun persahabatan antar sesama mahasiswa serta pengembangan jaringan kerjasama masa depan.

“Jadi memang ini sudah terjadi beberapa tahun dan ini merupakan tahun kelima dan berharap mungkin kedepannya bisa bekerjasama terus karena ada budaya-budaya yang baik yang perlu dipelajari dari Korea dan mereka terbuka sekali dengan kita (Indonesia),” ujar Agus Eliana, perwakilan dari LPMI.

Dari Universitas Bung Karno sendiri menampilkan Tarian Betawi, Monolog, dan Puisi. "Sebenarnya waktunya mepet banget jadi kita bisa dibilang kurang. Tapi menurut saya sendiri ini sudah lumayan untuk menunjukkan salah satu kelebihan dari Teater Cakrawala yaitu membaca puisi dan monolog," ujar Sherly dari Teater Cakrawala.

Tidak lupa juga pengenalan kebudayaan, kuliner dan pertunjukkan dari mahasiswa-mahasiswa Korea Selatan, salah satunya yaitu menampilkan seni beladiri Taekwondo.

"Saya sendiri agak nervous tapi ketika melihat penonton senang menikmati penampilan kami, saya jadi ikut senang. Dan untuk ini kami hanya latihan satu minggu sebelum acara,” ungkap Dan Lee salah satu mahasiswa Korea Selatan dalam bahasa korea selatan yang sudah diterjemahkan.

“Kami ingin berbagi mengenai tarian tradisional Korea, juga musik dan hari ini kami mempertunjukan Taekwondo. Saya harap bisa memukau semuanya dengan negara kami, Korea Selatan. Pertukaran budaya sangat penting untuk mengembangkan kepemimpinan. Jadi kita ingin membuat pertemanan khususnya mahasiswa Indonesia di UBK,” tambah Suwon, Team Leader mahasiswa Korea Selatan.

Sedangkan mahasiswa-mahasiswa yang hadir mewakili Korea Selatan adalah mahasiswa yang belajar di Universitas bagian timur Seoul, Korea Selatan. Sebelum berkunjung ke Universitas Bung Karno mereka sebelumnya berkunjung ke Universitas Indonesia dan Universitas Kristen Indonesia. (MDR/DA)