(Foto: Suasana diskusi Pekan Literasi Kampus 2017/RA)

Marhaen, Jakarta - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Aspirasi dalam rangka memperingati  Dies Natalis ke-34 tahun menggelar Pekan Literasi Kampus 2017 Book Fest dan Diskusi Publik dengan tema "Menggugah Kultur Baca Tulis Pemuda Indonesia" yang dilaksanakan di Aula Kantin Bersama, Kampus Pondok Labu,  Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, Kamis (02/11/17).

Acara yang berlangsung sejak tanggal 1 hingga 2 November 2017 ini pun di bagi menjadi empat sesi, dimana dua sesi dilaksanakan untuk satu hari. Acara ini di hadiri oleh pembicara yang mumpuni di bidangnya masing-masing seperti; Zen RS (Esais dan Peminat Sejarah) , Nirwan Ahmad Arsuka (Gerakan Pustakan Bergerak), Lita Soerjadinata (Penerjemah buku "Penghancuran Buku dari masa ke masa), Roni Agustinus (Editor Marjin Kiri), Pepih Nugraha (Selasar.com), Arsyan M Erlangga (VICE Indonesia) dan Dr. Fairul Zabadi (Badan Bahasa KEMENDIKBUD).

Dalam pemaparannya Ardyan M. Erlangga mengatakan bahwa arsip adalah pengetahuan yang penting.

"Arsip kan pengetauhan yang menurut anda penting untuk literasi. Sebelum anda mengubah orang lain, ubah lah diri kalian sendiri. Dari situ kalian berbagi juga dengan masyarakat. Di dunia digital semua sedang riuh, lihat dengarkan dan arsipkan" ungkapnya.

(Foto: Sesi penutup Diskusi Publik bersama para Penggiat Perpustakaan/RA)

Acara ini ditutup dengan sesi terakhir yang diisi oleh beberapa pegiat perpustakaan seperti, Halaman Belakang, Semut Hitam Bergerak dan Riung Senja yang memberikan paparan mengenai kegiatan perpustakaan yang rutin dilaksanakan.

Zaskia selaku Ketua Pelaksana menjelaskan mengenai tujuan diadakan acara ini yaitu tentang bagaimana minat baca masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa yang tinggi namun tidak bisa meliterasikan bacaannya atau mendapatkan intisari dari buku yang dibaca.

"minat baca kita memang tingi, cuma cara meliterasikannya itu bagaimana, apa sih yang kita dapetin dari apa yang di baca itu," jelasnya. 

LPM Aspirasi adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UPN Veteran Jakarta. ASPIRASI berdiri sejak 31 Oktober 1983, sebagai media informasi dan komunikasi di lingkungan kampus.  (RA/DA)