(foto: sesi pertama IJTI Road to Campus/RA)
Marhaen, Jakarta - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jakarta Raya menggelar Road To Campus 2017 ke Universitas Bung Karno di acara Pekan Jurnalistik hari kedua Kamis (14/12/17) pukul 10.00 – 14.00 WIB yang diselenggarakan oleh Program Studi Komunikasi Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UBK di Aula Dr. Ir. Soekarno, Jl. Kimia No. 20 Menteng, Jakarta Pusat.

Universitas Bung Karno menjadi kampus pertama yang di datangi oleh IJTI Jakarta Raya,  diantaranya di hadiri langsung oleh Ketua IJTI Jakarta Raya Andry Hariana, News Anchor TV One sekaligus Sekretaris IJTI Jakarta Raya Dita Faisal dan News Anchor Indosiar Jemmy Darusman serta dimoderatori oleh Taufan Haryadi, anggota IJTI dan jurnalis TV One.

Sesi pertama berlangsung dialog interaktif mengenai pengalaman dari masing – masing narasumber selama menjadi jurnalis dengan para peserta. Dita Faisal memotivasi para peserta yang notabene mahasiswa Komunikasi bahwa Wartawan adalah Pahlawan. “Jurnalis adalah pencetak dan pencatat sejarah,” ujar Dita Faisal saat menyampaikan pengalaman sebagai jurnalis (14/12).

Sesi kedua Dita Faisal bersama Jemmy Darusman mengajak peserta untuk praktek Live Report dan dari 10 peserta yang praktek Live Report dipilih 3 terbaik yang dinilai langsung oleh Ketua IJTI Jakarta Raya Andry Hariana. Tiga mahasiswa terbaik Live Report diantaranya :

1.      Renaldi (FISIP UBK)
2.      Randy Siregar (FISIP UBK)
3.      Mar’ie Fadil (FISIP UBK)

(foto: Jemmy Darusman saat memaparkan pengalaman menjadi Jurnalis Televisi/RA)
 Adapun tips dari Jemmy Darusman mengenai kaidah reporting suatu berita diantaranya dengan acuan 5W + 1 H dan tips mudah lainnya.

“Ada banyak kaidah dan me-report suatu berita, yaitu untuk acuan 5W + 1 H dan selain itu kita buat permudah karena yang namanya Live Report adalah mewakili mata pemirsa tentunya suatu pemirsa kita akan menonton dan akan menyimak mana yang lebih menarik tidak harus lokasinya dulu, tidak harus apa kejadian dulu,” ujar Jemmy Darusman saat diwawancarai usai acara (14/12).

Diungkapkan Elvin Andika selaku Ketua Pelaksana acara Pekan Jurnalistik yang berlangsung selama 2 hari yakni Jum’at-Sabtu, 15-16 Desember 2017 bertujuan mengenalkan Jurnalistik di Era Digital serta bagaimana menjadi News Anchor.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk mengenalkan jurnalistik di era digital yang mana perkembangan media yang sangat cepat akan informasi ini sangatlah penting di era sekarang, selain itu kita juga mengenalkan bagaimana menjadi seorang news anchor dengan mendatangkan Dita Faisal dan Jemmy Darusman yang berkompeten di bidangnya,” ujar Elvin Andika. (MPH/DA)