(Foto : Maya Sita Darlina, S.Psi., M.Si menyampaikan petunjuk tes IQ/MPH
Marhaen, Jakarta – Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAMEN) Fakultas Ekonomi Universitas Bung Karno mengadakan Seminar  dengan tema “Persiapan Menghadapi Dunia Kerja” untuk mempersiapkan mahasiswa UBK  terjun ke dunia kerja pada Kamis (21/12/17) pukul 13.00 – 17.30 WIB di Aula Dr. Ir. Soekarno, Jl. Kimia No. 20 Menteng, Jakarta Pusat.

Seminar dibawakan oleh Maya Sita Darlina, S.Psi., M.Si (Dompet Dhuafa) dan Drs. Benjamin L Luntungan, SH.,MM (Akademisi UBK) dengan :
  1. Tes IQ, Tes Minat Bakat, dan Intrepretasi Hasil Tes oleh Maya Sita Darlina, S.Psi.,M.Si dan team dari Dompet Dhuafa.
  2. Pemaparan Kiat Menulis CV, Surat Lamaran, Menghadapi Wawancara Kerja dan Personal Banding oleh Maya Sita Darlina, S.Psi.
  3. Pemaparan Perencanaan Karir Kerja oleh Drs. Benjamin L Luntungan, SH.,MM.

(Foto : Peserta Seminar Sedang Mengerjakan Tes Minat Bakat/MPH)
Sesi pertama diawali dengan Tes IQ dan Tes Minat Bakat oleh Maya Sita Darlina, S.Psi.,M.Si dan team Dompet Dhuafa yang diikuti  200 mahasiswa serta alumni Fakultas Ekonomi dan fakultas lain di UBK. Intrepretasi Hasil Tes IQ dan Minat Bakat tersebut dibagikan pada akhir acara untuk masing – masing peserta.

Sesi kedua dipaparkan materi mengenai Kiat Menulis CV (Curriculum Vitae), Surat Lamaran, Menghadapi Wawancara Kerja dan Personal Banding serta Perencanaan Karir Kerja.


(Foto : Drs. Benjamin L Luntungan, SH.,MM menyampaikan materi Perencanaan Karir Kerja/MPH)
Menurut Drs. Benjamin L Luntungan, SH.,MM Perencanaan Karir Kerja sebagai awal berkarir di dunia kerja sangat diperlukan.

“Kita kalau masuk dunia kerja jangan puas bahwa kita telah lolos tes diterima, itu adalah awal dalam kita berkarir. Kemudian kalau berkarir,  jangan puas dengan kondisi saat ini.  Kita harus punya cita – cita kedepan harus gimana, kita harus sukses dalam berkarir. Itu kiat – kiat bagaimana kita menghadapi ataupun kita merencanakan karir itu, bahwa kita harus punya rencana ke depan, kita harus melakukan hal – hal yang bisa menunjang pencapaian atau harapan kita untuk bisa berkarir lebih baik,” ujar Drs. Benjamin L Luntungan, SH.,MM saat ditemui usai membawakan materi seminar (21/12).

Ia juga menuturkan permasalahan yang sering dihadapi dalam awal berkarir adalah tidak memiliki visi misi kedepan.

“Kadang – kadang kalau sebagai karyawan baru tidak siap untuk memiliki visi kedepan, siapnya hanya hari ini saya lakukan hari ini padahal tidak cukup disitu kita harus rencanakan dari awal tentang kerja tim dan bagaimana kita ketemu dengan konflik, bagaimana mengatasi konflik dalam lingkungan kerja. Kalau kita tidak selesaikan konflik itu akan menggangu kita tiap hari, berangkat kantor tidak nyaman, jadi yang penting itu karir harus direncanakan,” tambahnya.


Pengambilan tema dan konsep seminar yang berbeda dengan adanya Tes IQ dan Tes Minat Bakat tersebut diungkapkan Nuraji Resmawan selaku Ketua Pelaksana untuk pelatihan mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja.

“Kenapa kita beda yaitu untuk mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa ini untuk menghadapi dunia kerja. Biasanya di dunia kerja itu ada tesnya  jadi  ibaratnya kita pelatihan dulu sebelum kita terjun langsung ke dunia pekerjaan dalam seminar ini,” ujar Nuraji Resmawan saat ditemui ditengah – tengah acara (21/12).

Acara seminar berakhir dengan pembagian hasil Tes IQ dan Tes Minat Bakat yang dibagikan kepada masing – masing peserta dalam suatu amplop. (MPH/DA)