(foto: Pemberian sambutan oleh Dekan FISIP UBK dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Digitalistik Media 2/FA)

Marhaen, Jakarta - Setelah sukses melaksanakan Pekan Jurnalistik dengan tema Digitalistik Media pada 13-14 Desember lalu, Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Bung Karno kembali melanjutkan rangkaian acara tersebut dengan konsep Pelatihan Jurnalistik.  Pelatihan ini diadakan di Kampus Pegangsaan dengan tema “Pelatihan Jurnalistik Digitalistik Media 2”. Rabu (24/01/2018).

Pelatihan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menambah keahlian mahasiswa Universitas Bung Karno dalam bidang jurnalistik karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa persaingan dalam dunia jurnalistik itu sangatlah ketat dan ditambah lagi dengan semakin canggihnya teknologi yang membuat siapapun bisa menjadi seorang jurnalis. Oleh karena itu, kreatifitas dan keahlian dari seorang jurnalistik sangatlah penting agar jurnalis tersebut tidak menjadi jurnalis yang biasa saja tetapi menjadi jurnalis yang lebih dari biasa.

“Kemarin saya sudah buat seminar jurnalistik. Nah, sekarang kelanjutannya ini pelatihan jurnalistik,” tutur Feri Sanjaya sebagai dosen jurnalistik UBK.

Didalam sela wawancara oleh Tim LPM Marhaen, beliau juga berharap  agar pelatihan jurnalistik ini  bisa menjadi agenda rutin di Universitas Bung Karno itu sendiri. Ia juga menambahkan kegiatan pelatihan jurnalistik ini  adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Universitas Bung Karno khususnya FISIP di bidang jurnalistik. Dan tidak disangka kegiatan ini banyak menarik minat mahasiswa walau jumlah pendaftaran kursi terbatas.

Kegiatan ini tidak hanya di hadiri oleh mahasiswa Jurnalistik UBK saja, tetapi juga dihadiri oleh mahasiswa dari konsentrasi Hubungan Masayarakat, Komunikasi Politik dan mahasiswa dari Universitas lain pun sangat tertarik mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan ini sendiri saya khususkan untuk mahasiswa semester ganjil mulai dari semester tiga sampai dengan semester 7 yang mengambil jurusan dibidang Jurnalistik.  Kalau untuk semester tujuh itu sebagai syarat buat mereka persiapan proposal skripsi nanti. Nah, kalau semester lima itu sebagai bahan pelatihan mereka dan untuk semester 3 itu sebagai pengenalan untuk penjurusan mereka nanti,”  tambahnya.

Ia juga berharap dari kegiatan ini semoga mahasiswa bisa bertambah wawasan tentang ilmu Jurnalistiknya. Feri Sanjaya adalah Alumnus UBK jurusan Jurnalistik yang kini menjadi salah satu Dosen Jurnalistik di FISIP UBK. Ia ingin memberikan sumbangsih kepada almamaternya dengan  menambah wawasan jurnalistik mahasiswa Universita Bung Karno khususnya FISIP Prodi Komunikasi di bidang Jurnalistik. (FA/DA)