(Foto : Ibu – Ibu yang tergabung dalam UP2K Bojonggede)


Marhaen, Bogor – Prodi Akuntansi dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) Fakultas Ekonomi Universitas Bung Karno mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Pelatihan Pembuatan Pembukuan Sederhana Untuk Pelaku Usaha Kecil Menengah di Desa Bojonggede, kecamatan Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat pada Minggu (14/01/18), pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Pelatihan dibawakan oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Akuntansi Melinda, SE.,M.Si dengan materi Pembukuan Sederhana untuk Usaha Jasa, Dagang, dan Industri di 3 tempat yakni Unit Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Usaha Industri Tahu, dan Usaha Jasa Penitipan Motor.

Acara pertama di UP2K Desa Bojonggede yang diadakan di Roemah Jekrek, Jl. Garuda III No. MC – 13, Bojonggede pukul 10.00 – 15.00 WIB. Dibuka dengan sambutan Ketua HIMAKA FE UBK Ahas Weros dan Ketua UP2K Desa Bojonggede sekaligus pemilik Roemah Jekrek, Ibu Hevon Pheriantsih Janos.

Terdapat 11 peserta ibu – ibu yang hadir dan mengikuti pelatihan dari Bank Sampah Asik dan My Darling serta memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pribadi yang tergabung di UP2K desa Bojonggede.

Ahas Weros selaku Ketua HIMAKA FE UBK mengungkapkan bahwa kegiatan PKM sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, yang namanya mahasiswa harus menggenapi Tri Dharma Perguruan Tinggi mudah – mudahan acara hari ini lancar dan semoga bermanfaat,” ujar Ahas Weros dalam sambutannya.

Ibu Hevon Pheriantsih Janos selaku Ketua UP2K Desa Bojonggede menanggapi bahwa kehadiran PKM dari Prodi Akuntansi dan HIMAKA FE UBK tersebut merupakan jodoh yang ditunggu dan mempersilahkan peserta memanfaatkan sebaik - baiknya.

“Adik – adik mahasiswa ini jodoh banget, soalnya kita sudah rencana dari dulu mengadakan pelatihan buat anggota UP2K ini Pelatihan Pembukuan Sederhana. Waktu itu sudah rencana mau dibikin di tempat Pak Lurah atau di desa tapi kebentur waktu terus menerus. Yang kedua, nyari narasumbernya, ternyata jodoh datang sendiri. Ibu – ibu ini sudah menanti kapan ada pelatihan dan saya belum ada waktu, tidak taunya kita dapat dosen dan bakal kuliah gratis. Silahkan ibu – ibu manfaatkan sebaik-baiknya, kapan lagi kuliah kan mahal jadi ini jadi mahasiswa sehari,” ucap Ibu Hevon.

(Foto : Ibu – Ibu UP2K Desa Bojonggede sedang memperhatikan materi pelatihan)

Dalam materinya Melinda, SE.,M.Si selaku Kaprodi Akuntansi FE UBK sekaligus Pemateri membahas dan mengadakan pelatihan tentang Arus Kas, Laporan Laba Rugi, Laporan Nilai Aset, Laporan Nilai Perlengkapan, serta Neraca / Laporan Posisi Keuangan untuk Usaha Jasa, Dagang, dan Industri.


“Yang saya bahas disini adalah Pembukuan Sederhana namanya juga pembukuan sederhana berarti yang harus kita lakukan adalah melakukan pencatatan apa saja yang kita perlukan. Seperti dana yang masuk dan dana keluar. Kalau kita mau melaksanakan suatu usaha,” ungkap Melinda, SE.,M.Si di depan ibu – ibu UP2K yang memiliki berbagai usaha.


Foto : Kaprodi Akuntansi Melinda, SE.,M.Si dan panitia bersama Pemilik dan Pekerja Pabrik Tahu Pak Oding)

Selanjutnya, acara kedua dimulai pukul 15.35 – 16.10 WIB bertempat di Industri Tahu milik Pak Oding, Prodi Akuntansi dan HIMAKA FE UBK menyerahkan hasil olahan Laporan Keuangan yang sebelumnya telah dilakukan survei tanggal 10, 11 dan 13 Januari 2018.

(Foto : Kaprodi Akuntansi dan Panitia bersama Pemilik Jasa Penitipan Motor “ADI CELL”)

Acara ketiga pukul 16.20 – 17.00 WIB di Jasa Penitipan Sepeda Motor “ADI CELL” yang berlokasi di depan Stasiun Bojong Gede dilakukan hal sama yakni menyerahkan hasil olahan Laporan Keuangan dan sosialisasi kepada pemiliknya yang sebelumnya telah dilakukan survei dan pencatatan transaksi – transaksi dalam usahanya tanggal 11 dan 13 Januari 2018. (MPH/DA)