Ratusan massa aksi yang tergabung dalam berbagai elemen masyarakat dengan mengenakan pakaian berwarna putih nampak memenuhi gedung DPR RI,  adapun tuntutannya mendesak DPR RI agar segera mengsahkan Rancangan Undang Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (P-KS). 

Aksi pro terhadap RUU P-KS ini di mulai sejak pukul 11.00 WIB. Para massa aksi tersebut memulai aksi dengan melakukan Long March dari gedung TVRI hingga depan gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (17/9/2019)

Namun, di pertengahan aksi tepatnya pukul 14.00 WIB tampak datang aksi massa tandingan yang tergabung dari berbagai elemen ormas islam melakukan aksi yang sama namun, rombongan aksi kali ini menolak adanya RUU P-KS.

Massa aksi di pihak Pro RUU P-KS menyambut massa aksi di pihak Kontra RUU P-KS dengan melakukan peniupan peluit selama satu menit serta membentuk pagar perlindungan terhadap massa lainnya. 

Disisi lain, di tempat yang sama tampak para polisi berdiri membentuk pagar di sekeliling masa aksi pro RUU P-KS bertanda bahwa antara kedua massa aksi tersebut memiliki batas.

PRO RUU P-KS



KONTRA RUU P-KS





Fotografer : Fifiyanti Abdurahman