(Foto: Suasana pendaftaran SKCK di Polresta Bogor Kota. Selasa, (12/11/19) / Neneng)

Marhaen, Bogor - Pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2019 telah resmi dibuka pada Senin, (11/11/19). Seperti pada tahun sebelumnya pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara terpusat melalui website sscasn.bkn.go.id.

Dilansir dari laman menpan.go.id, sebanyak 152.250 formasi dibuka, dengan rincian 37.425 untuk Instansi Pusat akan dibagi untuk kementerian dan lembaga, sementara 114.825 untuk Pemerintah Daerah.

Untuk itu segala sesuatupun harus dipersiapkan oleh peserta CPNS dengan semaksimal mungkin. Salah satunya adalah persyaratan administrasi, yang mencakup kelengkapan dokumen-dokumen pribadi seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Dari pantauan reporter Marhaenpress di lapangan, pembuatan SKCK di wilayah Hukum Polresta Bogor Kota mengalami peningkatan cukup signifikan.

Kombes Pol. Hendri Fiuser selaku Kapolresta Bogor Kota mengatakan bahwa jumlah pemohon SKCK mengalami peningkatan sejak dibukanya pendaftaran CPNS.

"Jumlah pemohon SKCK dalam tempo dua hari ini memang mengalami peningkatan, terhitung ada 150 pemohon sejak Senin kemarin. Dan tujuan pemohon tersebut mayoritas untuk persyaratan mendaftar CPNS," ujarnya saat di temui di kantor Kapolresta Bogor Kota, Selasa, (12/11/19).

Ia juga menambahkan mengenai pembuatan SKCK tersebut tersedia dalam dua jalur.

"Pembuatan SKCK sendiri tersedia dua jalur, pertama jalur biasa yaitu calon pemohon datang langsung ke loket pendaftaran, dan kedua dengan melalui  jalur online dimana calon pemohon hanya tinggal isi data diri melalui online tanpa harus mengantri panjang, tapi untuk proses pencetakan SKCK-nya tetap di Polsek atau Polres yang dituju," tambahnya.

Sementara itu, Zacky (25) salah seorang pemohon SKCK mengatakan dirinya membuat SKCK guna melengkapi dokumen pendaftaran CPNS.

"Saya buat SKCK untuk syarat pendaftaran CPNS, dibuat dari sekarang agar tidak antri dan agar dapat menyicil kekurangan dokumen lainnya," kata Zacky.

Menurutnya menjadi CPNS merupakan harapan semua orang. Maka, momentum dibukanya pendaftaran CPNS bagaikan angin segar bagi dirinya. Meskipun ia mengakui, persaingan menuju CPNS itu begitu ketat dan memakan proses yang panjang.

“Rencananya sih mau ikut test CPNS di Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Ya meskipun menjadi CPNS itu nggak mudah karena persaingannya sangatlah ketat dan jumlah pesaingnya banyak. Tapi, mudah-mudahan aja ada rezekinya,” pungkasnya.

Pewarta : Neneng/CA