(Tampak kampus Universitas Bung Karno Jln Kimia No.20, Menteng, Jakarta Pusat/Fifi)

Marhaen, Jakarta – Universitas Bung Karno (UBK)  berikan beberapa beasiswa kepada mahasiswa/i berprestasi pada tahun ajaran 2019/2020.

Adapun beberapa beasiswa tersebut seperti; Beasiswa Peningkatan Potensi Akademik (PPA), Beasiswa Yayasan Jakarta, Beasiswa Yayasan Pendidikan Sukarno, dan Bidik Misi.

Reporter Marhaenpress berkesempatan untuk mewawancarai Salomon A. M. Babys selaku Bidang Kemahasiswaan UBK. Dirinya menjelaskan mengenai Beasiswa PPA (Peningkatan Potensi Akademik) yang ada di UBK.

“Beasiswa PPA itu kerja sama UBK dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) beasiswa itu baru, UBK mulai dapat pada tahun 2017, dari jumlah 12 orang yang dapat kemudian naik ke 21 orang dan terus naik hingga tahun ini mencapai 38 orang,” ujarnya saat ditemui pada Senin, (21/10/19).

Salomon juga menjelaskan selain Beasiswa PPA, terdapat juga Beasiswa Yayasan Jakarta serta Beasiswa Yayasan Pendidikan Soekarno.

“Ada juga Beasiswa Yayasan Jakarta, beasiswa ini terkhusus untuk anak Jakarta. Cara mendapatkannya yaitu dengan cara mandiri dan tidak di bantu kampus tapi ada kerjasama dengan kampus dalam memberikan surat  rekomendasi atau surat pernyataan, sementara untuk Beasiswa Yayasan Pendidikan Soekarno ini konsisten diberikan pertahun ketika menjelang masuk ajaran baru dan biasanya diberikan per-Prodi (Program Studi),” tuturnya.

Pada kesempatan wawancara tersebut Salomon juga menjelaskan cara mendapatkan beasiswa tersebut yaitu dengan mencari informasi ke lembaga Fakultas, kemahasiswaan, serta mading-mading yang ada di lingkungan Kampus UBK atau juga dapat mengunjungi  situs website, facebook, dan info penerimaan Beasiswa bagi Mahasiswa aktif.

Di hari yang sama, Reporter Marhaenpress mewawancarai salah seorang penerima Beasiswa UBK bernama Indah Pratiwi  dari Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Semester Satu.

“Beasiswa bebas bayaran SPP selama 3 bulan, beasiswa didapat ketika acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dijelaskan Rektor UBK, Beasiswa tersebut didapat karena memperoleh nilai terbaik saat ujian tes masuk UBK,” katanya

Dan menurut Indah beasiswa ini sangatlah membantu untuk pendidikannya selama beberapa bulan kedepan dan menguntungkan.

Pewarta : Annisa Safira Syarif/CA