(Foto: Warna baru kemeja PDL Fakultas Hukum UBK/Brada)

Marhaen, Jakarta - Fakultas Hukum (FH) Universitas Bung Karno (UBK) ganti warna bendera Civitas Fakultas. Kamis, (19/12/19).

Bendera FH UBK yang semula berwarna abu-abu berubah menjadi warna merah yang berarti pembawa harapan dan semangat baru bagi civitas akademika FH UBK.

Dr. Azmi Syahputra, S.H., M.H, selaku Kaprodi FH UBK pun menjelaskan perihal pergantian bendera fakultas tersebut saat ditemui reporter Marhaenpress diruangannya.

“Bahwa Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) dalam rapat pimpinan merancang sebuah peraturan mengenai perubahan-perubahan identitas civitas UBK, dan salah satunya adalah adanya perubahan warna bendera FH UBK yang diatur dalam BAB XIV Pasal 61 huruf C yang mengatur tentang perubahan warna bendera FH yang awalnya abu-abu menjadi warna merah. Dan peraturan ini sudah disahkan berikut ditandatangani oleh Ketua YPS pada Jum'at, (19/04/19),” ujarnya.

Kaprodi FH UBK juga mengatakan dibalik warna yang sekarang terdapat nilai filosofis yang berkaitan juga dengan hukum.

“Menunjukan bahwa merah itu ketegasannya, seperti lazimnya juga dimana civitas FH itu digambarkan memiliki jiwa tegas dan berani. Sehingga ini diharapkan menjadi suatu identitas yang bisa ditanamkan dalam diri mahasiswa FH UBK,”  tuturnya.

Mengenai perubahan warna bendera inipun disambut baik oleh mahasiswa FH itu sendiri, salah satunya adalah Dimas Arosyid (20) mahasiswa FH semester satu. Ia berpendapat bahwa warna Merah cocok untuk identitas FH.

“Menurut pandangan saya dengan adanya perubahan warna FH yang awalnya abu-abu menjadi merah ada baiknya juga. Mengapa demikian?  Karena warna abu abu itu kan kebanyakan orang mikirnya memiliki makna yang masih kurang jelas, sebab ia putih tidak hitampun tidak. Walaupun saya pribadi masih belum tahu apa filosofi atau makna warna abu abu dari FH UBK yang baru,” katanya.

Dimas juga berpendapat  bahwa identitas hukum seharusnya  jelas, tegas dan kongkrit. Sehingga penyematan warna merah sebagai identitas baru FH UBK dirasa cocok. Karena merah sendiri memiliki makna keberanian, seperti kita ketahui untuk menegakkan hukum membutuhkan keberanian agar kebenaran dapat terungkap dalam kondisi apapun dan bagaimanapun.

Dimas pun berharap agar perubahan warna ini dapat menjadi semangat baru bagi seluruh civitas FH UBK.

“Harapan saya dengan adanya perubahan ini bisa menjadi lebih baik dan semuanya bisa  menerima dan bisa lebih erat lagi hubungannya, bukan malah pecah karena ketidakterimaan dengan perubahan tersebut,” tutupnya.

Penulis : Neneng Nurastriani dan Brada Reinaldus Sidabutar
Editor   : Chaerul Anwar