( Foto : Sidang isbat awal ramadhan 1442 H/ pikiranrakyat.com )

Marhaen Jakarta – Hasil Sidang Isbat untuk penentuan awal puasa Ramadhan 1442 Hijriah yang digelar pada Senin, 12 April 2021, sudah diumumkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Keputusan hasil sidang isbat tersebut 1 Ramadhan jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Pandemi Covid telah melanda Indonesia satu tahun terhitung dari maret 2020 sampai saat ini. Segala upaya dilakukan guna mecegah penyebaran Covid-19, hal tersebut pun tak luput dari kebijakan saat perayaan hari raya maupun hari besar di Indonesia yang dilakukan berbeda dari biasanya.

“Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menghimbau umat islam melakukan ibadah selama bulan puasa agar mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah masing-masing, “terang surat edaran tersebut.

Himbauan itu, disampaikan  Ulama melalui surat edaran no 4105/C.I.034/04/2021 yang dibagikan di akun Instagram resminya @nahdatululama, pada Senin, 12 April 2020.

Kegiatan keagamaan diperbolehkan dengan syarat seperti memberikan batasan atau jumlah jamaah dan waijb mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Pembatasan kegiatan keagamaan ini dilakukan untuk mengantisipasi persebaran virus Covid-19 di tempat ibadah.

“Dalam melaksanakan salat tarawih dan salat Idul Fitri 1442 Hijriah patut mengikuti intruksi dengan menerapkan pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing) yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah masing-masing,  “ sambung surat tersebut.

Dengan kebijakan himbauan pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 untuk melaksanakan silaturahim di Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah secara daring dengan tanpa mengurangi esensi dan nilai silaturahim.

Selain itu, PBNU mengingatkan kepada seluruh umat Islam dan Warga Nahdliyin agar menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri dengan meningkatkan ketaqwaan dalam khusyuk beribadah dan aktivitas sosial yang bermanfaat.

“Kemudian, PBNU juga berharap kepada seluruh umat Islam untuk bermunajat kepada Allah SWT selama Bulan Ramadhan 1442 Hijriah, memohon agar bangsa Indonesia aman, maslahat, terhindar dari musibah, bencana, dan mampu mengatasi pandemi Covid-19 saat ini, “tutur surat edaran tersebut.


Penulis : Suandira Azra Badrianan

Editor : Ayu Gurning