(Foto: potret Aula Soekarno yang sedang direnovasi/Zacki) 

Marhaen, Jakarta - Saat ini Aula Dr. Ir. Soekarno pada Kampus Kimia, Universitas Bung Karno (UBK) sedang mengalami proses renovasi sehingga tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. 

Aula Soekarno merupakan salah satu dari 2 aula yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, pelatihan atau bahkan dapat sebagai tempat untuk melakukan kuliah umum. Tak hanya itu, aula juga bisa digunakan sebagai tempat bagi para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ataupun Organisasi Mahasiswa (Ormawa) melakukan pentas seni maupun rapat. 

Oleh karena beragamnya fungsi pada aula, perbaikan dan pembangunan sangatlah penting untuk peningkatan fasilitas. Pada proses perbaikannya sendiri telah memasuki minggu ketiga, yang mana membuat Bagian Umum terpaksa harus menghentikan berbagai macam kegiatan yang rencananya menggunakan Aula Soekarno sebagai tempat pelaksanaannya.  

“Aula per bulan kemarin kita stop kegiatan ya, terkait akan dirapikan dan dibangun lebih baik dari sebelumnya. Maksudnya yang sebelumnya sudah banyak yang rusak, dari pihak yayasan membangun kembali dirapikan untuk kegiatan,” ujar Lai Martin selaku Bagian Umum pada Rabu (26/06/2024). 

Renovasi tersebut merupakan yang pertama kalinya, di mana sebelumnya hanya sekedar memperbaiki kebocoran atau mengecat ulang saja. Lai Martin menyebut bahwa pembangunan tersebut merupakan pembaruan dari yang sebelumnya, salah satunya ialah bertujuan meningkatkan kapasitas dari aula. 

“Untuk Aula Soekarno dibangun untuk memperbarui dari yang sebelumnya, nanti juga kapasitas peserta jadi lebih besar karena agak sedikit mundur (dibangun memanjang ke belakang) tapi tidak membongkar dinding. Hanya atap, karena dulu kan bocor jadi perlu perbaikan lah,” tambahnya.

Tak hanya itu, Lai juga mengatakan bahwa akan ada penambahan ruangan baru di dalam aula digunakan untuk memuat berbagai perlengkapan yang diperlukan saat acara, seperti sound system dan perlengkapan lainnya.

Beberapa dari mahasiswa juga berpendapat, bahwa renovasi dari Aula Soekarno sendiri merupakan hal penting karena dirasa sudah kurang nyaman untuk digunakan oleh para mahasiswa. Seperti yang dikatakan Thalia Firly Firdinia Caesar, mahasiswa dari Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). 

“Aula Soekarno yang kita liat sebelumnya tuh seperti kurang terawat, kurang rapi. Jadi kita kalau menggunakan Aula Soekarno tuh kayak kurang nyaman,” ucap Firly pada Jumat (28/06/2024). 

Tak hanya pada fasilitas aula saja, mahasiswa juga berharap pihak kampus dapat memperbaiki fasilitas lain seperti ruang kelas, kamar mandi dan lain sebagainya yang tak kalah penting untuk memenuhi dan menunjang mahasiswa dalam pembelajaran baik di dalam maupun luar kelas. 

“PR juga sebenernya untuk yayasan atau siapapun itu karena kita kuliah juga bayar dan kita juga harus mendapat fasilitas yang setimpal.” ujar Asdenia Sellya, mahasiswa Fakultas Hukum pada Jumat (28/06/2024). 




Penulis: M. Zacki P. Nasution 

Editor: Bintang Prakasa